Air Terjun Katibawasan: Percikan Alam di Camiguin, Filipina

Kepuasan sudah dicapai bahkan sebelum kami memasuki tempat taman. Daerah di sekitar Air Terjun Katibawasan telah diubah menjadi taman oleh pemerintah daerah, tetapi mereka berhasil menjaga daya tarik alami dari situs tersebut. Sebelum gerbang berdiri kios kecil yang menjual kiping, kelezatan populer di Filipina yang terbuat dari beras. Kiping yang dijual di Katibawasan Falls, bagaimanapun, terbuat dari singkong tanah, yang membuatnya sedikit lebih manis dari biasanya. Itu menyenangkan – bayangan dari apa yang tersedia bagi kami di taman.

Kiping terbuat dari singkong di pintu masuk taman
Ada monyet yang diikat ke tongkat bambu tepat setelah pintu masuk ke taman. Pelancong yang malang itu tidak repot -repot bertanya apakah ada monyet di pulau Camiguin yang berhutan berat atau apakah monyet itu tertangkap di sana tetapi saya dihibur oleh seberapa gesit itu dan sedih bahwa itu tidak bebas. Tetap saja, kami menginjak dan turun ke pangkal air terjun.

Jalan beton ke air terjun dibatasi dengan bunga, yang saya abaikan karena saya sangat bersemangat melihat air terjun.

Ketika jalan menjadi lebih sempit dan lebih dalam, semakin banyak air terjun terungkap kepada kami. Suara air keduanya bergemuruh saat terjun dari atas air terjun ke kolam kecil di bawah dan mengalir di sepanjang sungai adalah tanda seberapa dekat dengan alam kami. Ketika kami mencapai bagian bawah, semakin kuat air terjun muncul bagi kami. Terletak di kaki Gunung Timpoong, air kaskade dari sekitar 250 kaki di atas tanah. Tidak ada banyak air yang tidak seperti yang kami harapkan tetapi itu tidak berarti itu adalah sesuatu yang megah. Pakis dan tanaman menghiasi tepi tebing sementara batu -batu besar beristirahat di bawah, secara alami diatur untuk membiarkan air membuat gerakan yang menakjubkan di sekitarnya.

Air Terjun Katibawasan
Sungai yang tenang di pangkalan Air Terjun Katibawasan
Turis mandi di sungai
Ada turis lain yang mandi di sungai ketika kami tiba. Kami sangat tergoda untuk bergabung tetapi kami entah bagaimana memikirkan betapa dinginnya air tawar itu dan kami memutuskan untuk tidak melakukannya. Namun, kami berjalan lebih jauh di sepanjang sungai untuk mengambil lebih banyak foto pemandangan menakjubkan ini di hadapan kami. Ketika saya duduk di atas batu dan melemparkan pandangan kekaguman terhadapnya, saya mulai bertanya -tanya bagaimana rasanya hidup jauh di dalam hutan dengan air terjun hanya beberapa langkah jauhnya. Pasti sangat terapeutik untuk selalu mendengar suara percikan seperti pengingat yang konstan bahwa hal -hal yang paling menakjubkan di dunia adalah yang dibangun oleh alam sendiri, diukir, dan dipelihara. Dan kemudian saya menghantam, mungkin suatu hari air terjun ini akan kehabisan air dan sungai ini akan mengering mungkin karena penyebab alami atau tidak. Saya mendongak dan berpikir betapa beruntungnya saya berada di perusahaan alam dan melihat keajaiban ini bahkan sekali dalam hidup saya.

Bunga -bunga membingkai jalan setapak menuju Katibawasan Falls
Ketika kami melacak langkah kami kembali ke tempat multi-kabin yang kami sewa diparkir, kami melewati bunga-bunga berwarna-warni di sisi jalan setapak. Saya berhenti, melihat lebih dekat, dan menghargai betapa bersemangatnya sifatnya. Sudah waktunya untuk mencium bau bunga, dan bahkan jika mereka tidak harum, ada sukacita hanya menggerakkan hidung saya lebih dekat ke sana.

Taman Air Terjun Katibawasan
Biaya masuk: P15 (orang dewasa), P6 (anak -anak)

Resor dan hotel teratas di camiguin

Berdasarkan skor ulasan Agoda.

Balai sa Baibai Resort. (Foto melalui Agoda)

Balai sa Baibai Resort. periksa tarif & ketersediaan! ✅

Pondok Marianita. periksa tarif & ketersediaan! ✅

D & A Seaside Cottage. periksa tarif & ketersediaan! ✅

Kamp Pantai Ysla dan Resor Eco. periksa tarif & ketersediaan! ✅

Theview Camiguin. periksa tarif & ketersediaan! ✅

Lanzones Cabana. periksa tarif & ketersediaan! ✅

Cari lebih banyak resor camiguin!