4 Air Terjun Laguna kurang dari P1000: Hulugan, Cavinti Falls & banyak lagi

kami memiliki tiga hewan roh: Pikachu, Totoro, dan Jollibee. Jadi ketika Jollibee menantang kami untuk melihat air terjun dalam anggaran P1000, kami berkata, “Anda meremehkan kami, teman saya. Kami akan memberi Anda empat air terjun! ” tantangan diterima.

Kami tahu persis ke mana harus pergi: Laguna. Laguna adalah salah satu tempat yang biasanya kita abaikan sebagian karena ujung -ujungnya tidak dipenuhi dengan pantai -pantai mutiara. Lelucon tentang kami karena surga tidak selalu terbuat dari pasir dan air asin. Banyak kota bersejarahnya mempertahankan banyak masa lalunya yang indah. dan masakannya menampilkan beberapa yang terbaik di wilayah Tagalog selatan. Yang terbaik dari semuanya, sebagian besar provinsi ini hampir tidak tersentuh, masih ditutupi dengan hutan hujan lebat menyembunyikan beberapa air terjun yang indah.

Kota -kota Luisiana dan Cavinti dikenal karena kaskade yang spektakuler. Meskipun Cavinti Falls selalu menjadi ikon pariwisata, baru -baru ini kota ini dikaitkan dengan itu. Untuk waktu yang paling lama, itu telah disebut Pagsanjan Falls sebagian besar karena titik lompat utama ke situs ini terletak di kota tetangga Pagsanjan. Cavinti, bagaimanapun, telah mapan dan mempromosikan jejak ke air terjun yang dimulai di dalam wilayahnya.

Di sisi lain, kota Luisiana relatif tidak jelas sampai Hulugan Falls ditemukan kembali dan telah mempertimbangkan bahwa para petualang akhir pekan yang terpikat dari Manila. Tapi Hulugan tidak sendirian. Di dekatnya ada dua kaskade yang lebih banyak-Talay dan Hidden Falls-keduanya dalam perjalanan kasar 30 menit dari Hulugan. (Ada yang lain sedikit lebih jauh, Aliw Falls.)

Tetapi untuk membuat tantangan anggaran kecil kami jauh lebih menantang, Jollibee mengirimi kami daftar periksa ini, yang juga mencakup beberapa tugas yang akan membuat perjalanan lengkap meskipun anggaran terbatas. Tidak masalah. Pergi ke Laguna kami pergi.

PENCEGAHAN KESELAMATAN: Jika Anda akan melakukan perjalanan ini sendiri, pastikan untuk membawa sebotol air Anda sendiri sebelum perjalanan. Ini akan melibatkan banyak trekking dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah mengalami dehidrasi di tempat yang tidak mudah diakses.

Sekarang setelah kita menyingkir, mari kita lihat bagaimana kita menandai item pada daftar lebah dan bagaimana Anda bisa melakukannya juga!

Apa yang tercakup dalam panduan ini?

1. Hidupkan perjalanan dengan sarapan yang enak.
2. Temukan sejarah Luisiana di rumah kapten.
3. Nikmati perjalanan yang indah ke Talay Falls.
4. Jelajahi jatuh yang tersembunyi.
5. Berenang di Hulugan Falls.
6. Bahan bakar untuk pendakian kembali dengan makan siang. (P50)
7. GO bambu arung jeram di Pagsanjan Falls.
8. Temukan tempat pengambilan gambar terbaik.
9. Nikmati merienda yang lezat dan memuaskan.
10. Temukan barang atau suvenir terbaik yang paling mengingatkan Anda pada perjalanan.
Ringkasan
Lebih banyak ide di YouTube ⬇️⬇️⬇️Felated Posts:

1. Hidupkan perjalanan dengan sarapan yang enak.

Kami memulai perjalanan kami di Terminal Jac Liner di LRT-Buendia, di mana bus ke STA. Cruz berangkat hampir setiap jam (tarif: P140). Perjalanan memakan waktu sekitar tiga jam, tergantung pada lalu lintas. Oleh karena itu, semakin awal Anda pergi, semakin baik. Beri tahu konduktor untuk mengantar Anda ke persimpangan yang disebut Pagsawitan, tempat jeepney ke Luisiana diparkir.

Tetapi sebelum kami menuju ke San Salvador (barangay tempat Hulugan Falls berada), kami perlu bahan bakar terlebih dahulu. Untungnya, ada toko Jollibee di dekat Pagsawitan. Jika Anda menginginkan sarapan yang lezat namun ramah anggaran, pilih makanan jollisavers. Anda dapat memilih dari yang berikut: Burger Steak (P50), Jolly Spaghetti (P50), Jolly Hotdog (P50), dan Yum Reguler (30). Saya memilih spageti, sementara Vins memiliki steak burger.

2. Temukan sejarah Luisiana di rumah kapten.

Setelah sarapan, berjalanlah ke terminal jeepneys menuju Lucban dan naik satu. Beri tahu pengendara untuk mengantar Anda ke San Salvador, tentu saja. Tarif: P30. Waktu perjalanan: 30 menit.

Meja informasi ditempatkan di awal jalan yang mengarah ke Hulugan Falls. Ini dioperasikan oleh staf Barangay. Setelah di sini, Anda akan diberi pemandu, yang akan mengantar Anda ke tempat bernama Bahay Ni Kapitan. Di sinilah Anda perlu mendaftar dan membayar biaya pariwisata P20.

Tidak ada staf Barangay untuk berbicara tentang sejarah Luisiana ketika kami tiba, tetapi pengendara sepeda motor kami jauh lebih dari siap untuk berbagi bit sejarah tentang kota. Menurutnya, kota itu didirikan oleh seorang pria bernama Luis yang menikah dengan seorang wanita bernama Ana. Pada awalnya, saya pikir itu adalah salah satu legenda yang didapat orang untuk menggambarkan asal kota mereka, tetapi itu [ternyata] didasarkan pada sejarah. Luisiana sebenarnya adalah kombinasi dari 3 kata Luis y ana, merujuk pada Don Luis Bernardo dan rekannya Ana, yang memfasilitasi fondasi kotamadya, yang sebelumnya hanya bagian dari kota besar yang disebut Terreno de Nasonog.

3. Nikmati perjalanan yang indah ke Talay Falls.

Talay Falls
Setelah pendaftaran, perjalanan roda tiga akan membawa Anda ke awal jalan setapak (P10). Pada titik ini, Anda nEed untuk memberi tahu pemandu Anda berapa banyak air terjun yang ingin Anda kunjungi. Soalnya, ada tiga air terjun di San Salvador: Talay Falls, Hidden Falls, dan Hulugan Falls. Hulugan Falls sejauh ini yang paling indah, tetapi dua lainnya juga patut dilihat.

Tapi ini masalahnya: setiap air terjun dapat dilihat setelah kenaikan 30 menit di jalan yang kasar. Jika Anda lambat dan tidak berpengalaman (seperti kami, lol), itu bisa memakan waktu lebih lama terutama jika jalannya berlumpur atau licin. Hitung dan periksa apakah jadwal dan tingkat energi Anda akan memungkinkan memeriksa ketiga air terjun. Tetapi rekomendasi saya adalah ini, jika hujan turun malam atau sebelumnya hari itu, lewati dua lainnya. Saya sudah melakukan perjalanan ini sebelumnya ketika trek berlumpur dan licin dan sulit, untuk sedikitnya. Ini bisa sangat berbahaya.

Jika jejaknya kering dan Anda pikir Anda memiliki stamina, pilihlah. Akan ada beberapa kali ketika Anda perlu menyeberangi sungai dan memanjat batu besar.

4. Jelajahi jatuh yang tersembunyi.

Hidden Falls
Dari Talay Falls, ini akan menjadi pendakian yang curam ke pemberhentian berikutnya, Hidden Falls, disebut demikian karena diselipkan oleh batu -batu besar raksasa. Ini jauh lebih besar dari Talay dua tingkat, tetapi jauh lebih kecil dari Hulugan. Anda juga dapat naik ke sisi air terjun untuk memiliki pemandangan situs yang baik.

PERINGATAN: Dalam perjalanan ke dan dari air terjun yang tersembunyi, Anda akan menemukan celah di antara bebatuan yang diisi dengan air dan sering ditutupi oleh daun -daun yang jatuh. Meskipun mereka terlihat dangkal, mereka tidak sama sekali. Jangan menginjak mereka.

5. Berenang di Hulugan Falls.

Dari Falls yang tersembunyi, masih jauh ke daya tarik utama, Hulugan Falls. Yang ini adalah showstopper, dan hal terbaik tentang hal itu adalah Anda benar -benar dapat berenang dan menjadi dekat dan pribadi dengan kolom yang heboh. Pastikan Anda tahu cara berenang. Jika tidak, Anda selalu dapat mencelupkan bagian yang dangkal atau menggunakan pelampung yang melekat pada tali yang disediakan di satu ujung.

Berapa banyak waktu untuk spen di sini hingga berapa banyak waktu yang tersisa. Ingatlah ini: Dibutuhkan 30-40 menit untuk naik ke tempat jejak dimulai dan Cavinti Falls berhenti menerima pengunjung pada jam 3 sore. Pastikan Anda meninggalkan Hulugan Falls pada jam 2 siang jika Anda ingin melihat Cavinti Air Terjun juga.

Hulugan Falls
Karena Hulugan Falls telah muncul sebagai objek wisata yang hanya baru -baru ini, banyak praktik di sini belum distandarisasi. Misalnya, tidak ada tarif yang ditetapkan untuk biaya panduan tamasya. Tanyakan kepada orang mana pun di daerah tersebut dan mereka akan memberi tahu Anda, “Kayo na po ang Bahala.” Sumber online mengatakan P600 cukup adil jika Anda memeriksa ketiga air terjun dan P300 jika Anda hanya memeriksa satu.

6. Bahan bakar untuk pendakian kembali dengan makan siang. (P50)

Inilah hal tentang Hulugan Falls: tidak ada banyak tempat makan. Saya tahu mereka sering menyajikan makanan di Bahay Ni Kapitan dan ada toko Bibingka di awal jalan setapak, tetapi mereka tidak selalu terbuka. Pertama kali saya di sana (Minggu), mereka terbuka, tetapi mereka ditutup pada check out berikutnya (Jumat).

Jolly Hotdog (P50)!
Yang terbaik adalah membawa makanan bersama Anda. Ini sangat penting karena perjalanan bisa sangat melelahkan. Mempertimbangkan bahwa kami sarapan di Jollibee, kami membuat keputusan untuk makan jollisavers lain untuk dibawa pulang. Kali ini, saya memiliki hotdog riang sementara Vins memiliki yum biasa, yang keduanya makan. Jika Anda akan melakukan hal yang sama, harap pastikan Anda membawa sampah. Tidak meninggalkan apa pun selain jejak kaki.

7. GO bambu arung jeram di Pagsanjan Falls.

Dari Hulugan Falls, Anda dapat memuji sepeda roda tiga ke Pueblo El Salvador, titik lompat ke Air Terjun Cavinti. Hanya dibutuhkan 10-15 menit. Tarif: P100-P200 tergantung pada keterampilan tawar-menawar Anda, sesuatu yang belum kami kuasai sehingga kami membayar P200. Tetapi mengingat ada empat dari kita dalam kelompok, itu hanya P50 per orang.

Saat Anda mencapai Pueblo el Salvador, Anda akan diberikan opsi untuk mengakses air terjun. Cara yang jauh lebih populer adalah dengan berperahu atau menembak Rapids, yang harganya P600+ per orang. Tetapi mengingat bahwa kami memiliki anggaran terbatas, kami memilih dengan pilihan yang lebih keras tetapi lebih terjangkau yang hiking dan rappelling di P270 per orang. Ini termasuk biaya untuk rakit bambu jika Anda ingin masuk ke gua iblis di belakang kolom air.

Perahu di Cavinti Falls
Cavinti Falls juga dikenal sebagai Pagsanjan Falls
Keturunan ke air terjun dari Pueblo el Salvador berlangsung 30 menit. (Turun itu mudah, tapi itu sangat sulit naik kembali, yang akan memakan waktu lebih lama.)

Perjalanan kembali ke Pueblo el Salvador
8. Temukan tempat pengambilan gambar terbaik.

Tempat foto terbaik? Tepat di bawah air terjun, tentu saja! Saat arung jeram ke atau dari gua, rakit itu benar-benar melekat di bawah kaskade, yang merupakan kesempatan terbaik untuk memiliki selfie khusus dan penuh aksi!

Bagaimana itu untuk selfie? Ha ha
9. Nikmati merienda yang lezat dan memuaskan.

Sepanjang waktu, kami mencari kelezatan lokal untuk Merienda di sekitar dua lokasi air terjun, tetapi kami tidak bisa menemukan apa pun. Mungkin waktu kami buruk (karena kami melihat beberapa toko tetapi mereka semuatertutup). Kami hanya menyerah dan kembali ke stasiun bus.

Untuk sampai ke terminal bus dari Pueblo el Salvador, ambil sepeda roda tiga ke jalan raya (masing -masing P20) dan kemudian naik jeepney kembali ke Pagsawitan (P25). Atau lagi, Anda dapat memberi tahu pengendara motor untuk mengantar Anda ke terminal untuk bus ke Manila. Tarif bus sama di P140.

Bibingga di bus
Saya mulai lapar lagi tetapi bus sudah bergerak. Ketika berhenti untuk mengambil lebih banyak penumpang, saya diam -diam berharap seorang penjual makanan akan masuk! Lo dan lihatlah, seorang vendor Bibingka naik bus. Bibingka berbau dan terasa sangat enak. Itu memiliki rasa manis yang ideal dan di dalamnya adalah strip kelapa. Saya tidak percaya bahwa saya akan memiliki Bibingga terbaik yang pernah saya miliki di dalam bus dan hanya P20.

Seperti biasa, kami sangat percaya bahwa suvenir terbaik adalah foto dan video. Mereka adalah yang terbaik dan banyak pengingat efektif dari masa -masa indah yang kami miliki di sepanjang jalan. Dan mereka benar -benar gratis. Di bawah ini adalah suvenir yang kami dapatkan. Pergi berikan jam tangan:

Ringkasan

Waktu akuntansi! Berikut ini adalah rincian mendalam dari semua pengeluaran kami sepanjang perjalanan.

P140-Bus Manila-Sta Cruz Bus
P50 – Jollisavers Burger Steak
P30-Sta Cruz-San Salvador Jeepney Ride
P20 – Biaya Pendaftaran Hulugan Falls
P10 – Perjalanan Roda Roda Roda Roda Roda Renang ke Hulugan
P150 – Hulugan Falls Excursion Guide Fee (P600/4pax)
P50 – Jollisavers Jolly Hotdog
P50 – Roda tiga ke Pueblo el Salvador (P200/4pax)
P270 – Biaya Pariwisata Cavinti Falls
P10 – Tip Bangkero
P20 – Roda tiga ke jalan raya
P25 – Jeepney Kembali ke Sta Cruz
P140 – Tarif bus ke Manila
P20 – Bibingga
______________________________
P985 – Total

WAH! Kami hampir tidak berhasil!

Anda masih bisa menurunkan biayanya! Jika Anda merupakan pesta 3 atau lebih, sebaiknya naik sendiri. Tidak hanya akan jauh lebih nyaman, itu juga akan jauh lebih murah. Anda hanya perlu membayar gas (P500) dan biaya tol (P214, satu arah). Jika misalnya, Anda sekelompok 4, total biaya transportasi hanya pada P232 (P928/4pax), yang akan meminimalkan total biaya untuk perjalanan ini menjadi P812.

Sangat menyenangkan melakukan tantangan ini dengan Jollibee!

Lebih banyak ide di youtube ⬇️⬇️⬇️

Posting terkait:

Saya menemukan masa kecil saya di Casa San Pablo: Laguna, Filipina

8 Pemakaman yang tidak biasa di Filipina

Hulugan Falls dengan Anggaran: Panduan Perjalanan & Rencana Perjalanan

Bagaimana menuju ke Hulugan Falls dari Manila: dengan bus atau mobil pribadi

7 Tempat untuk Dilihat di dekat Manila di bawah P1000

Laguna ke NAIA / NAIA ke Laguna: Jadwal bus P2P (UBE Express)

Panduan Kerajaan Enchanted: Tiket Diskon, Jadwal, Perjalanan Terbaik

Jac Liner Bus: Terminal Terbuka, Jadwal, Rute, Stops & Fare (New Normal)